Dalm riset yang berjudul Indonesia Smartphone Consumer Insight Mei 2013, ditemukan sejumlah kebiasan penguna smartphone di Indonesia yang cukup menarik untuk disimak.
Per harinya rata-rata orang Indonesia menggunakan smartphone selama 189 menit setara 3 jam 15 menit dengan penggunaan dominan untuk social media dan rich media.
Ada 9 aktivitas paling tinggi yang dilakukan oleh pengguna smartphone di Indonesia berdasar hasil riset Indonesia Smartphone Consumer Insight Mei 2013:
- chatting dengan persentase mencapai 90%
- pencarian 71 %
- jejaring sosial 64 %
- blogging/ forum 41 %
- App Store 32 %
- video on demand 27 $
- sharing konten 26 %
- hiburan 25 %
- berita 24 %
- webmail 17 persen %
Temuan lainnya adalah sebanyak 64 % pengguna smartphone di Indonesia melakukan unduhan video dan sebanyak 42 % pengguna selama 3 kali per harinya mengakses video.
Dalam Indonesia Smartphone Consumer Insight Mei 2013 diketahui aktivitas puncak pengguna smartphone di Indonesia terjadi pada siang hari. Aktivitas yang diukur yakni browsing, chatting, multimedia, game, jejaring sosial dan App Store.
Tercatat akses puncak mulai terjadi pada pukul 10.00 dengan masing-masing aktivitas chatting (2,1 menit), browsing (1,9 menit), multimedia (1,1 menit), game (1,1 menit), jejaring sosial (1,1 menit) dan Apps Store (0,2 menit).
Pada pukul 14.00, pola aktivitas itu juga masih tinggi dengan rincian browsing (2,1 menit), chatting(1,7 menit), multimedia (1,3 menit), game (1,2 menit), jejaring sosial (0.9 menit) dan App Store (0,2 menit).
Tingganya jumlah smartphone yang masuk di Indonesia juga mempengaruhi pengambilan keputusan bagi pengguna di Indonesia. Sebanyak 38 % pengguna memilih smartphone berdasarkan sistem operasi, 33 % berdasarkan desain, style maupun form factor dan 38 % orang menentukan pilihan perangkat bersistem operasi tertentu.
0 comments :
Post a Comment