Saturday, October 5, 2013

Vendor smartphone berupaya keras menghadirkan produk terbaik mereka agar mudah diterima konsumen pengguna gadget di Asia Pasifik termasuk di Indonesia sebagai negara yang cukup tinggi sebagai pengguna smartphone.
Penetrasi kehadiran  ponsel pintar dari sejumlah vendor smartphone memunculkan sebuah fenomena perilaku tersendiri bagi pengguna smartphone di Indonesia. Penetrasi smartphone di Indonesia saat ini sudah mencapai 23 %.
Sementara itu, penetrasi smartphone di Asia Pasifik tertinggi dipegang oleh Hong Kong dan Singapura sebesar 87 % diikuti oleh Malaysia 80%, Australia 75% dan Cina 71 %.
Fakta tersebut diketahui dari laporan Nielsen “Decoding the Asian Mobile Consumer” yang mengungkapkan bahwa penetrasi dari vendor smartphone membuat adanya tren dalam membeli smartphone di 9 negara Asia Pasifik, termasuk Indonesia.
Untuk Indonesia, Nielsen mencatat ada 3 faktor penting penentu orang Indonesia memilih smartphone yang hendak mereka beli.

Sistem Operasi Mobile

Sistem operasi mobile menjadi faktor pertama orang Indonesia dalam memilih smartphone yang akan dibelinya. “Fitur sistem operasi juga merupakan kriteria seleksi yang penting,” ungkap Neilsen.
Kenyataan di pasar, saat ini setidaknya ada beberapa sistem operasi mobile yang hadir, seperti iOS, Android, BB dan Windows Phone. Tak heran jika orang Indonesia memilih untuk selektif dikarenakan alasan tersebut.

Rekomendasi

Rekomendasi dari mulut ke mulut (WOM) ternyata sangat mempengaruhi orang Indonesia dalam memilih smartphone. Calon pembeli biasanya akan mendengarkan rekomendasi dan pengalaman pengguna maupun dari sosial media yang kini mulai banyak memberikan review ponsel.
Selain itu di Indonesia juga telah hadir situs rekomendasi dan pembanding harga yang semakin mempermudah konsumen. “Di Asia Pasifik, sebagian besar konsumen memasukkan ulasan dari internet dan blog serta rujukan dari teman, rekan, dan keluarga sebagai faktor yang paling umum dalam mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli,” kata Nielsen.

Merek Smartphone

Brand atau merk smartphone masih menjadi dasar umum bagi orang Indonesia dalam memilih smartphone. Tak sedikit dari orang Indonesia yang menganggap bahwa merk bisa mencitrakan kualitas sebuah produk. Disamping itu merk bagi orang Indonesia tak jarang juga diangap sebagai nilai mewah atau sekedar untuk gengsi.

0 comments :

Post a Comment

|