Tuesday, November 19, 2013

Australia Ketahuan Sadap Ponsel Presiden SBY dan Orang Terdekatnya
Polemik aksi sadap menyadap yang dilakukan oleh pihak Amerika dan sekaligus Australia terus menjadi buah bibir. Kali ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, SBY terkena imbas aksi penyadapan Australia.

Dikabarkan bahwa Badan intelijen Australia telah memata-matai pembicaraan telepon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta sembilan orang terdekatnya.
Informasi ini terungkap dari dokumen yang dibocorkan oleh Edward Snowden yang diterbitkan oleh media penyiaran Australia Broadcasting Corporation dan harian The Guardian. Presiden SBY dan istri, serta Wakil Presiden Boediono adalah beberapa orang yang masuk dalam target.
Agen mata-mata Australia yang juga dikenal sebagai Defence Signal Directorate berusaha melacak aktivitas panggilan telepon SBY setidaknya satu kali. Mereka melacak pembicaraan telepon yang keluar masuk dari telepon genggam SBY pada bulan Agustus 2009. Demikian disampaikan Australia Broadcasting Corporation dan The Guardian.
Selain mengungkap daftar target orang-orang yang dilacak, model handset yang digunakan oleh masing-masing target juga dibeberkan, termasuk diagram “voice event” dari Presiden Indonesia pada bulan Agustus 2009 tersebut.
Bahkan salah satu slide di dokumen itu menggunakan judul “Indonesian President voice intercept (August ’09)”, menguatkan adanya upaya untuk mendengarkan isi panggilan telepon Presiden SBY.
Terdapat juga daftar sejumlah orang yang menjadi target penyadapan. Bahkan intelijen Australia memiliki rekomendasi untuk memilih salah satu nama tersebut dan menjadikannya target penyadapan, dalam kasus ini adalah kepala negara Indonesia.
Terdapat lima pejabat lagi yang telah menjadi korban penyadapan intelejen Australia. Mereka yakni, mantan Wapres Jusuf Kalla, mantan Meneteri Keuangan yang kini menjadi salah satu direksi di Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga yang sekarang terjerat kasus korupsi Andy Mallarangeng, Mantan Menteri BUMN Sofyan Djalil, dan Mantan Menko Pulkam Widodo Adi Sucipto.

Sumber : harianti.com http:harianti.com

0 comments :

Post a Comment

|