Tuesday, November 19, 2013

Indonesia Disadap oleh Five Eyes, Siapa Mereka Itu
Terungkap bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi target aksi mata-mata dan penyadapan. Bahkan, Presiden SBY dan orang terdekat serta sejumlah pejabat di Indonesia menjadi target penyadapan.

Penyadapan tersebut selain mengungkap daftar target orang-orang yang dilacak, model handset yang digunakan oleh masing-masing target juga dibeberkan, termasuk diagram “voice event” dari Presiden Indonesia pada bulan Agustus 2009 tersebut.
Aksi penyadapan tersebut dilakukan oleh Five Eyes. Terdengar kurang familiar memang ditelinga orang Indonesia. Namun, siapa sebenarnya Five Eyes itu ?
Lima Mata atau Five Eyes,  lima negara yang tergabung dalam Five Eyes ini adalah Australia sendiri, Inggris, Amerika Serikat, Kanada dan Selandia Baru.
Hal ini terungkap dari data presentasi atau slide yang disampaikan DSD sebagai pelaksana penyadapan yang menyebut bahwa penyadapan yang dilakukan Australia membutuhkan dukungan dari UKUSA yang merupakan perjanjian multilateral Lima Mata dikarenakan penyadapan juga memerlukan bantuan, baik kesadaran maupun dengan penekanan dari penyelenggara telekomunikasi dan internet.
Untuk target di Indonesia, maka pelaksananya dikerjakan oleh ASD dengan stasiun di Kedutaan Besar Australia Jakarta, kantor konsulat Australia di Bali dan sangat mungkin juga dilakukan oleh Amerika Serikat dari kantor perwakilannya di Jakarta (SMH).

0 comments :

Post a Comment

|