Friday, November 29, 2013

Pangsa pasar BlackBerry tak bisa dipungkiri memang mulai terdesak tidak hanya secara global, tetapi juga di Indonesia oleh pesaingnya. Gempuran gadget Android dengan harga yang bersaing dengan fitur yang mumpuni mampu menarik banyak minat di tanah air.
Strategi BlackBerry Bertahan di Pasar Gadget IndonesiaBerdasar data dari lembaga riset IDC mengungkapkan, pasar BlackBerry secara global terus menurun di kuartal ketiga 2013. Teracatat BlackBerry hanya mengapalkan 4,5 juta produk  ke seluruh dunia, turun dari 7,7 juta unit atau sekitar 41,6% pada kuartal yang sama tahun lalu.
Hal ini menjadikan pangsa pasar global yang dimiliki BlackBerry tinggal  1,7% turun dari 4,1% pada tahun lalu. Ini juga disusul oleh Windows Phone, berhasil menguasai   3,6% pangsa pasar global, meningkat dari 2% pada tahun lalu.
Meksipun fakta berkata seperti itu, BlackBerry di Indonesia terus berupaya munjukkan taring bisnisnya dengan  dengan menyiapakan sejumlah strategi andalannya. Berikut 4 strategi andalan BlackBerry untuk bertahan di Indonesia.

Strategi Premium

BlackBerry berupaya menyampaikan kepada masyarakat akan adobsi produk BlackBerry premium. Melalui produk ponsel BlackBerry Z10 dan BlackBerry Z3 sebagai contohnya.  Keduanya dipoisisikan sebagai ponsel kelas peremium di Indonesia.

Entreprise

BlackBerry memang terkenal dengan layanan enterprisenya. Tak heran jika strategi nomor dua adalah sektor enterprise menjadi bidikan bertahannya bisnis BlackBerry di Indonesia. Melalui sektor enterprise ini, BlackBerry berupaya mengadopsi BlackBerry 10 untuk BlackBerry Enterprise Service (BES 10) bersama operator seluler.

BBM Multiplatform (BlackBerry for Android dan iPhone)

BlackBerry for Android dan iPhone dibuka menjadi layanan multiplatform adalah keputusan yang cukup mengejutkan. Namun demikian, dalam seminggu BBM multiplatform sudah diunduh sebanyak 20 juta itu adalah bukti.
BlackBerry akan mengandalkan BlackBerry for Android dan iPhone sebagai penarik minat masyarakat khususnya di Indonesia. Ekosistem BBM multiplatform akan semakin ditingkatkan di Indonesia mengingat BBM multiplatform memiliki peminat banyak di Indonesia.
Bahkan, saat ini BlackBerry sudah menunjuk brand lokal ponsel di Indonesia sebagai BBM Official Partnern

Kerja sama dengan pengembang aplikasi

Guna menyediakan aplikasi di Blackberry World, BlackBerry di Indonesia akan terus menjalin kerjasamanya dengan para pengembang aplikasi lokal dari Indonesia.

0 comments :

Post a Comment

|